Konten Nakal, Telkomsel Rugi Rp420 Miliar

Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, Atmosutarno menyatakan minat pelanggan untuk daftar ulang SMS premium akan mempengaruhi pendapatan perusahaannya. Sejak ada kasus konten provider nakal “sedot pulsa,” perusahaannya kehilangan potensi pendapatan sebesar Rp420 miliar.

“Pelanggan yang ingin registrasi ulang sangat kecil dan ini akan sangat mempengaruhi target keuangan bukan saja Telkomsel, Telkomsel tapi operator seluler lainnya,” lainnya kata di sela peluncuran Telkomsel Roaming Internasional Hemat di kapal pesiar Louis Cristal Cruise, Istanbul, Turki, Turki Senin Oktober 2011.

Menurutnya, pelanggan Telkomsel yang selama ini terdaftar aktif menggunakan SMS premium, ring back tone, tone voice dan pop-screen, screen sebanyak juta pelanggan dari total 104 pelanggan Telkomsel.

“Namun kini hanya sekitar 40 ribu pelanggan saja yang melakukan registrasi ulang layanan tersebut per hari,” ujarnya. “Kalau jumlah pelanggan yang daftar ulang hanya sedikit, sedikit maka membutuhkan waktu sekitar 6 bulan ke depan untuk recovery pelanggan pengguna layanan premium.”

Sarwoto menjelaskan, menjelaskan sejak pelarangan layanan premium akibat ulah penyedia konten nakal, Telkomsel kehilangan pendapatan yang sangat besar. “Sekitar Rp420 miliar pada triwulan terakhir 2011,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, pada kuartal III 2011, 2011 Telkomsel laba bersih sebesar Rp3,52 triliun. Laba ini naik sekitar 12,5 persen dibanding periode yang sama pada 2010 yakni sebesar Rp3,13 triliun.

Sumber: teknologi.news.viva.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s